Laman

Sabtu, 23 Juni 2012

Salad Days (manga)

Judul : Salad Days
Penulis : Inokuma Shinobu
Penerbit : m&c comic (PT. Gramedia Majalah)
Tahun Terbit : 2003
Volume : 1-18 (end)

Sekilas manga ini mirip dengan banyak manga lainnya yang bertemakan cinta. Penggambaran yang apik dan ekspresif lagi hidup, alur cerita yang sangat "ordinary" sehingga dekat dengan pengalaman pembacanya. Salad Days menceritakan kisah-kisah romantis remaja. Seperti disebutkan sebelumnya, cerita yang diceritakan ringan dan umumnya hanya sepanjang dua hingga tiga bab cerita. Sebagian besar tokoh remaja yang diceritakan memiliki setting yang relatif sama, misalnya memiliki sekolah yang sama. Kisah asmara yang terdapat dalam serial manga ini terjadi di kota Nozawa, Tokyo. Tokoh dalam serial ini biasanya saling berhubungan satu sama lain.

Kisah yang terpanjang dan berkesinambungan adalah kisah percintaan antara Kawamura Futaba dan Kamiyama Yuuki yang pertama kali muncul di volume 6. Kedua tokoh ini awalnya diceritakan tinggal satu apartemen dengan kamar yang bersebelahan. Kamiyama Yuuki yang baru saja diputuskan oleh kekasihnya menjadi galau dan diberi saran untuk memulai sebuaha hubungan percintaan baru dengan perempuan lain, namun ia menolaknya. Kawamura Futaba hadir ke dalam hati Kamiyama Yuuki tidak secara langsung, karena kisah cinta mereka ternyata dihadapkan dengan beragam permasalahan-permasalahan perasaan yang sebenarnya wajar namun cukup pelik untuk dihadapi oleh remaja SMA. Hingga pada bagian akhir (volume 18) mereka berdua pada usia 24 tahun di musim semi memutuskan untuk menikah.

Cover Volume 18 (end) Salad Days
Kawamura Futaba dan Kamiyama Yuuki


Ada juga cerita cinta Miyuki remaja laki-laki berumur 16 tahun yang berbadan besar dan bermuka sangat "aneh" alih-alih buruk dan sering disangka gorilla. Selain Miyuki yang bertubuh besar kekar dan berwajah "tua", ada tokoh yang tak kalah kocak yakni kakak-beradik Sabu dan Jiro yang berwajah bundar dengan senyum polos nan lebar yang selalu menghiasi wajahnya. Dua bersaudara ini dikenal dengan kepolosannya yang dapat dikatakan di luar batas kewajaran kepolosan manusia normal, namun konflik cinta yang dihadapinya pun termasuk rumit. Kesemua tokoh yang terkait dengan beberapa sekolah yang sama baik SD, SMP dan SMA mengindikasikan kesan remaja puber yang dinamis dengan pencarian jati diri dan cinta.

Singkatnya, manga ini pantas untuk dijadikan teman penghibur di sela rutinitas, walaupun mungkin saat ini sudah sangat sulit untuk mendapatkan copy-nya karena sepertinya PT. Gramedia telah menghentikan penerbitan manga ini untuk edisi Indonesia-nya. Namun tidak ada salahnya untuk mencari edisi second hand-nya di toko buku bekas terdekat di kota anda, walaupun mungkin kelengkapan edisinya masih harus ditutupi dengan membacanya online atau mendownload edisi jpeg-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar